Semangat Sumpah Pemuda Melalui Puisi

Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ini, kita jadikan sebagai pendorong untuk membangkitkan semangat perjuangan kita demi masa depan bangsa dan negara. Semangat persatuan untuk meraih kemerdekaan demi kehidupan bernegara yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui puisi. Sumpah Pemuda  mampu menjadi sumber aspirasi dan inspirasi cendekiawan Indonesia, termasuk para sastrawan, khususnya penyair.

Para Pemuda memanfaatkan semangat Sumpah Pemuda untuk menyadarkan, menyemangati, dan memompa jiwa kebangsaan demi mencapai satu tujuan mulia, yakni kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, lahirlah puisi-puisi karya anak bangsa yang mengangkat semangat kebangsaan Indonesia di sejumlah wilayah Indonesia.  Setiap tanggal 28 Oktober, kita tidak bisa melupakan peristiwa penting yang sangat bersejarah itu; yaitu lahirnya sebuah pergerakan para pemuda tingkat nasional menuju Indonesia merdeka. Yaitu lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928

Puisi Sumpah Pemuda

Puisi Sumpah Pemuda


Dari sinilah inspirasi untuk menulis puisi sumpah pemuda sebagai bentuk cinta tanah air dan bangsa. Tanggal 28 Oktober merupakan tanggal bersejarah bagi para pemuda pemudi indonesia. Dimana pada tanggal itu semua peuda pemudi bertumpah darah memperjuangkan Indonesia. Untuk memperingatinya biasanya diisi dengan banyak hal, salah satunya adalah pembacaan puisi. Kita jangan sampai hanyut terseret oleh derasnya arus budaya barat yang tidak sesuai dengan noma dan budaya kita. Kita persiapkan diri kita dengan yang sebaik-baiknya disamping kita ikut mengambi! peran aktif dalam perjuangan mamajukan rakyat dan bangsa Indonesia.

Puisi tema Sumpah Pemuda penuh makna, haru namun membangkitkan semangat. Ingatan atas puisi dan Sumpah Pemuda memberi rujukan atas nasib Indonesia. Puisi perlahan jarang menentukan politik Indonesia. Pengesahan bahasa Indonesia secara konstitusional justru meminggirkan puisi. Politik bergerak di jalan prosa. Indonesia adalah antologi penjelasan prosaik. Semangat sumpah pemuda, dengan rasa persatuan dan kesatuannya meskipun berasal dari berbagai daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda.

Untuk mengingat dan merefleksikan diri kita sebagai pemuda yang hidup di jaman yang serba modern, puisi Sumpah Pemuda ini bisa membantu kita semua untuk tidak kehilangan semangat para pemuda di tahun 1928 tersebut. Kumpulan puisi yang ditulis dengan penuh semangat sekaligus mengkritisi sikap pemuda masa kini menjadi penanda bahwa bangsa Indonesia selalu mampu mencetak generasi emas di setiap jamannya.

Lihat Puisi sumpah pemuda di http://www.rumpunnektar.com/2012/10/kami-pemuda-indonesia-memperingati.html

Puisi Sumpah Pemuda begitu banyak puisi bertema Sumpah Pemuda yang bertengger dan saling memamerkan keindahannya lewat kata-kata, semuanya sarat makna, tak cukup hanya sekali untuk membacanya, karena makna yang tersirat dan tersurat sedemikian dalamnya. Karya puisi mengalami perkembangan sesuai dengan pengaruh yang datang dari Barat. Karya puisi yang saat ini berkembang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan penulisan seperti halnya pada penulisan puisi lama.



0 Response to "Semangat Sumpah Pemuda Melalui Puisi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.