Jenis-jenis Karangan Eksposisi dan Contohnya

Apa saja Jenis-jenis Karangan Eksposisi? dan bagaimana Contoh Karangan Eksposisi? kali ini kita akan bahas mengenai hal ini. Karangan Eksposisi, Menurut Gorys keraf, Karangan eksposisi atau pemaparan merupakan salah satu bentuk tulisan retorika yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang.

Berkaitan dengan poin di atas, karangan eksposisi kerap digunakan dalam tulisan-tulisan ilmiah. Karangan eksposisi berusaha memaparkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga para pembaca mendapat pengetahuan yang luas.

Karangan Eksposisi

Karangan Eksposisi

Ciri-ciri Karangan eksposisi, antara lain:
  1. Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  2. Gaya penulisannya bersifat informatif
  3. Fakta dipakai sebagai alat kontributif
  4. Fakta dipakai sebagai alat konkritasi.

Jenis-jenis Karangan Eksposisi

Sedangkan jenis-jenis Karangan Eksposisi  dibagi atas :


1. Eksposisi analisis ilustrasi

Contoh:
Cengkeh, pohon yang tetap hijau, sysygium aromaticum (eugenia carvophullata), asli di kepulauan Maluku. Kuncup bunganya yang belum terbuka ialah rempah yang penting.  Disamping penggunaan terpenting sebagai rempah, kuncup bunga yang berbentuk paku, jika sudah dikeringkan, dipakai di pulau jawa sebagai campuran tembakau, lebih-lebih sesudah tahun 1915, dengan majunya perusahaan rokok kretek di Kudus dan tempat-tempat lain; selain itu, kadang-kadang sesudah digiling, digunakan untuk mengharumkan kue. Juga menghasilkan minyak uap yang digunakan dalam obat-obatan dan minyak wangi.


2. Eksposisi analisis perbandingan

Contoh:
Di lapangan, saat ini para penembak justru tengah menebarkan benih udang vannamei. Meski harganya lebih murah dari udang windu, tetapi udang vannamei punya keunggulan, yaitu tahan dari berbagai penyakit. sedangkan, udang windu sangat rentan terhadap penyakit.


3. Eksposisi analisis proses

Contoh:
Enceng gondok (aichomia Crassipes) pertama kali didatangkan di Indonesia pada tahun 1894 oleh Kebun Raya Bogor sebagai tanaman hias. Mungkin karena bentuk dan warna bunganya indah putih kebiru-biruan itu. Tetapi, beberapa tahun kemudian enceng gondok itu sudah menyebar keseluruh tempat di Indonesia, serta mengganggu berbagai macam perairan, danau, sungai, bahkan sawah. Berbagai usaha, dengan dana yang tidak sedikit terpaksa dilakukan untuk memberantas tanaman ini, dan tidak selalu berhasil.

4. Eksposisi analisis kausal (sebab-akibat)

Contoh;
Di kalangan tasikmalaya, industri sutra alam merupakan bidang usaha yang cukup serius ditekuni. hal ini terlihat dari mulai banyaknya usaha pemeliharaan ulat sutra dari telur sampai menjadi kokon (kepongpong ulat sutra) dan penenunannya yang menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Seperti yang terdapat di Desa Tenjowaringin dan Desa Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Kondisi geografis Tasikmalaya yang daerahnya berada di ketinggian antara 200 meter hingga 600 meter di atas permukaan laut menjadi daerah yang cocok untuk tanaman murbei.

5, Eksposisi analisis deduksi

Contoh:
Mentri Pertanian Bungaran Saragih membantah harga beras dan gabah petani anjlok. Menurut dia, yang terjadi hanyalah penurunan harga dalam kisaran 10% dari harga patokan yang ditentukan pemerintah dan hanya terjadi di beberapa daerah di Jawa. Sementara itu, di Sumatra Utaragabah berada pada harga patokan.

6. Eksposisi analisis induksi

Contoh:
Di Sumatra Utara, gabah berada pada harga patokan. Hanya di beberapa daerah di Jawa terjadi penurunan harga dalam kisaran 10% dari harga patokan yang ditentukan pemerintah. Menurut Bungaran Saragih, Mentri Pertanian Indonesia, tidak benar kalau harga beras dan gabah petani anjlok.

 Lihat Juga Jenis dan Contoh Kalimat Majemuk

Demikian mengenai penjelasan Karangan Eksposisi dan Jenis-jenisnya juga Contoh karangan Eksposisi. Semoga bermanfaat bagi anda. Salam.

0 Response to "Jenis-jenis Karangan Eksposisi dan Contohnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.